بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Sudah 8 tahun sejak saya pertama kalai menuliskan huruf pertama untuk buku ini. Awalnya sangat bersemangat untuk segera menyelesaikan buku ini. Di setiap ada kesempatan pasti akan meluangkan waktu untuk menyelesaikannya. Pernah dulu waktu di busway lagi mengetik menggunakan aplikasi pengolah kata di HP, ada yang nanya, Bapak lagi nulis buku ya? Saya jawab iya. Namun seiring waktu, karena kesibukan saya dan juga rasa malas (ini yang lebih dominan), proyek ini terbengkalai, walaupun sejauh ini sudah menulis lebih dari 300 halaman.

Rencana awalnya sih dikasih ke penerbit, dicetak kemudian dapat royalti. Namun mengingat hal di atas tadi, akhirnya saya memutuskan mempubikasikan sendiri buku ini dalam bentuk e-book (format pdf) dan pastinya saya akan menggratiskan buku ini alias tidak akan meminta royalti, tapi ya kalau ada yang mau donasi sih tidak akan saya tolak..hehehe.

Saya menyadari bahwa buku ini jauuuuuuuh dari sempurna, selesai aja tidak. Tetapi mudah-mudahan buku ini bisa memberikan pengetahuan dasar tentang bagaimana ngoprek menggunakan mikrokontroler STM32 (khususnya STM32F207). Setelah membaca buku ini, minimal pembaca bisa membuat program blink LED dengan STM32. Buku ini mengkhususkan STM32F207, namun contoh program yang ada di buku ini akan sangat mudah untuk di-porting ke tipe STM32 yang lain atau bahkan ke mikrokontroler buatan pabrikan selain ST Micro (TI, NXP dll).

Banyak bab dibuku ini yang belum selesai atau bahkan belum ada isinya. Sebagai contoh Bab 3 yang menerangkan tentang STM32F207. Untuk melengkapinya pembaca diharapkan untuk mengacu kepada Reference Manual STM32F207, seperti yang tercantum di daftar pustaka. Bab 10 juga rencananya akan membahas bagaimana menampilkan file jpg/jpeg sedangkan Bab 11 – Bab 17 belum ada isinya sama sekali. Insya Allah mudah-mudahan saya diberi kesempatan untuk melengkapinya.

Mengingat banyaknya kekurangan yang ada dibuku ini, saya akan dengan senang hati menerima saran dan kritik dari pembaca. Atau bahkan kalau ada yang mau melengkapi bab atau sub-bab yang masing sangat tidak lengkap itu, tentunya akan sangat berterima kasih. Seperti software open source, semakin banyak yang berkontribusi akan semakin baik.

Buku ini, tentu saja, karena sudah saya nyatakan bebas royalti, maka siapa saja boleh memilikinya, meng-copy, menyebarkan bahkan mencetaknya tanpa perlu meminta izin kepada saya. Hal yang tidak diperbolehkan adalah menghilangkan kredit saya sebagai penulis, misal dengan meng-copy atau menulis ulang buku ini dan mengganti identitas penulis dengan penulis lain. Mengkomersilkan buku ini untuk keuntungan pribadi juga tidak diperbolehkan. Urusannya pasti akan diselesaikan di akhirat…hehe.

Terakhir, semoga buku yang tidak sempurna ini bisa memberikan manfaat amal jariyah kepada saya dan manfaat ilmu pengetahuan kepada siapa saja yang membacanya. Aamiiin.

Buku dan contoh programnya bia diunduh melalui link berikut.

Link buku

One thought on “Buku Bermain-main dengan STM32”

Leave a Reply

Your email address will not be published.